Serapan Anggaran Pendidikan 2009 Mencapai Rp 57 Triliun

14/01/2010 12:48

MENTERI Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh menegasikan, hasil serapan anggaran tahun 2009 mencapai 93 persen atau sekitar Rp 57 triliun dari pagu belanja tahun 2009 sebesar Rp 63 triliun.Serapan anggaran tersebut mengalami penurunan dari tahun sebelumnya yang mencapai 95 persen dari pagu belanja Departemen Pendidikan Nasional sebesar Rp 45,8 triliun, dengan total serapan Rp 43,6 triliun

"Dibanding tahun 2008, ada sedikit penurunan dalam penyerapan. Namun serapannya cukup Mgm tikan jika dilihat dan besarnya anggaran," kata Mendiknas M Nuh saat jumpa pers awal tahun di Jakarta, baru-baru ini.Menurut Mendiknas, alokasi anggaran yang terbesar di antaranya untuk dana pengembangan pendidikan dasar dan menengah, serta alokasi Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan gaji guru. Rincian penyerapan dana BOS tahun 2009. seperti dipaparkan, antara lain adalah untuk SD sebesar Rp 10.5 triliun. SMP sebesar Rp 5,4 triliun, SMA sebesar Rp 223 miliar, serta SMK sebesar Rp 360 miliar.Target penyerapan dana BOS pada tahun 2010 ini. Nuh menyebutkan, untuk SD mencapai sebesar Rp 11 triliun. SMP sebesar Rp 5,5 triliun, sedangkan untuk SMA Rp 189 miliar dan SMK tetap Rp 360 miliar.

"Sebagian besar alokasi anggaran Depdiknas ditransfer langsung ke daerah, dan itu berlaku tahun depan. Tentunya dana yang ditransfer ke daerah lebih tinggi nilainya mencapai Rp 150 triliun lebih. Sebab, anggaran pendidikan besarnya 20 persen dari APBN atau sebesar Rp 200 triliun lebih." ungkap Nuh.Dana yang ditransfer ke daerah, lanjut Nuh. nantinya akan dikelola Pemerintah Daerah, untuk disalurkan sebagai pembayaran gaji guru dan peningkatan fasilitas sekolah."Kami berharap, penggunaan anggaran ini harus benar-benar tepat. Maka dari itu, kami mengajak semuanya untuk ikut mengontrol terhadap pelaksanaan program yang dilakukan Depdiknas di lapangan," jelasnya.

Tahun 2010, lanjut Nuh. Depdiknas memfokuskan pemberian beasiswa bagi masyarakat kurang mampu mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi."Kita telah sediakan dana Rp 1.5 triliun lebih untuk menjangkau tiga juta lebih siswa dan mahasiswa." katanya.Pada kesempatan yang sama. Mendiknas juga menyinggung capaian program 100 han Depdiknas di bawah kepemimpinannya, di mana terdapat beberapa program yang sudah tercapai 100 persen dan ada beberapa yang belum terealisasikan secara penuh.Yang telah tercapai 100 persen penuh, menurut Mendiknas, antara lain pemberian beasiswa untuk SMA sederajat sebanyak 20 ribu orang dan penguatan kemampuan 30 ribu kepala dan pengawas sekolah. Sedangkan untuk penyediaan internet masal baru tercapai 56 persen.Dia menjelaskan, anggaran tahun 2010 untuk Kementerian Pendidikan Nasional sebesar Rp 55 triliun Ini adalah angka terbesar dan anggaran Departeman lainnya.Dengan anggaran sebesar itu. Mendiknas berharap pelaksanaan dan realisasinya ke depan harus tepat. Baik tepat waktu maupun tepat sasaran dengan basis legal compliance.

Back

Search site

Sekolah Bakti Idhata© 2009 All rights reserved.